Kamis, 11 Oktober 2012

LAPORAN BACA SKRIPSI "Analisis Aspek Nilai Moral yang Terdapat dalam Cerpen-cerpen Karya Moh. Wan Anwar pada Kumpulan Cerpen Sepasang Maut"


Laporan Baca Skripsi Sastra

Analisis Aspek Nilai Moral yang Terdapat dalam Cerpen-cerpen Karya Moh. Wan Anwar pada Kumpulan Cerpen Sepasang Maut

1.    Identitas Skripsi

Judul                    : Analisis Aspek Nilai Moral yang Terdapat dalam Cerpen-

cerpen Karya Moh. Wan Anwar pada kumpulan Cerpen

Sepasang Maut.

Penulis                 : Rodeka

Nim penulis         : 0110472

Pengujian             : Senin, 23 Januari 2006

Penguji                : 1. Prof. Drs. H. Khailan Hasan, M.Pd. (NIP 130167028)

2.    Drs. Elmustian, M.A. (NIP 131962628)

3.    Drs. Abdul Jalil, M.Pd. (NIP 131913323)

Mengetahui          : Dekan FKIP UR, Drs. Isjoni, M.Si. (NIP 131471579)

Menyetujui          : 1. Pembimbing I, Drs. Elmustian, M.A. (NIP 131962628)

2. Pembimbing II, Dra. Saidat Dahlan (NIP 130353291)

3. Ketua Prodi, Charlina, M.Hum. (NIP 132049028)

2. Isi Laporan

Skripsi yang berjudul "Analisis Aspek Nilai Moral yang Terdapat dalam Cerpen-cerpen Karya Moh. Wan Anwar pada Kumpulan Cerpen Sepasang Maut” ini terdiri dari V BAB yaitu BAB I mengenai pendahuluan, BAB  II tinjauan teoritis, BAB III metode penelitian, BAB IV penyajian hasil penelitian, BAB V simpulan dan saran. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis untuk meneliti kumpulan cerpen Sepasang Maut karena cerita tersebut disampaikan dengan ungkapan-ungkapan yang mengandung humor tetapi selalu berisi kritikan yang cukup tajam, kemudian cerpen ini dilatarbelakangi oleh keadaan zaman sekarang, seperti perselingkuhan, korupsi, karier, wanita, persaingan bisnis, penyelewengan kekuasaan oleh tokoh-tokoh politik, peranan pemuka agama dalam masyarakat, psikologis remaja, serta status sosial anggota masyarakat. Alasan penulis untuk mengambil judul "Analisis Aspek Nilai Moral yang Terdapat dalam Cerpen-cerpen Karya Moh. Wan Anwar pada Kumpulan Cerpen Sepasang Maut” karena cerpen-cerpen tersebut bertema sosial dan kemanusiaan, jika dipandang dari sisi moral banyak menyampaiakan pesan moral kepada pembaca.

Nilai moral yang dibahas dalam skripsi ini ada tiga kategori yang disandarkan pada pendapat K. Bertens yaitu nilai moral yang berkaitan dengan tanggung jawab, nilai moral yang berkaitan dengan hati nurani, nilai moral yang berkaitan dengan kewajiban. Ini juga menjadi pembatasan, rumusan, dan tujuan penelitiannya. Sebelum memasuki bab dua terdapat defenisi operasional.

 Sub judul defenisi operasional ini mendefenisikan bagian-bagian yang akan dibahas dalam bab berikutnya. Defenisi operasional ini dibuat agar orang yang membaca skripsi nantinya paham dan tidak bingung memahami skripsi pada saat membaca isi atau hasil penelitian skripsi ini. dengan penyajian singkat, langsung pada arti dan mudah dipahami akan memudahkan pembaca.

Peneliti menggunakan beberapa teori untuk rujukan penelitian dengan mengutip pendapat para ahli dibidangnya seperti Rahmat Joko Pradopo, K. Bertens, UU. Hamidy, M. Atar Semi, Ross Poole, Sudarmita SJ, Frans Magnis Suseno, Burhanuddin Salam, Zakiah Daradjad, Emile Durkheim dan Hendri Bergson. Peneliti mengambil pendapat Bertens dalam pembahasan ciri-ciri nilai moral. Penelitian yang relevan skripsi ini adalah Nilai Moral yang Terdapat dalam Novel Perempuan dalam Cengkraman Militer Karya Pramudya Ananta Toer, yang ditulis oleh Nurhayati (2003).

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pustaka, sehingga tempat penelitian peneliti tidak lepas dari pustaka yaitu pustaka Prodi Bahasa Indonesia, Pustaka FKIP UNRI, Pustaka Pusat UNRI, dan Pustaka Arsip Daerah Riau, serta koleksi buku-buku penulis sendiri. Penelitian dilakukan selama kurang lebih enam bulan.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik dokumentasi (kepustakaan), kemudian dioperasionalkan dengan mengumpulkan data yang relevan dengan masalah pokok penelitiannya. Dan teknik analisis data peneliti adalah dengan membaca ulang cerpen yang diteliti dengan berkali-kali mempelajari karakter atau penokohan pada cerpen tersebut, serta memberikan dan motivasi yang efektif sebagai sarana utama data yang akan dianalisis. Kemudian mendeskripsikan nilai-nilai tersebut berdasarkan teori ciri-ciri nilai moral yang dikemukakan oleh Bertens.

Sumber data penelitian yaitu data primer (utama) yaitu Cerpen Sepasang Maut karya Moh. Wan Anwar dan data sekundernya (tambahan) ialah buku sastra lainnya, baik yang berhubungan langsung dengan keperluan penelitian seperti hasil penelitian dan buku-buku filsafat khususnya tentang moral.

Cerpen-cerpen yang diteliti oleh peneliti adalah Sepasang Maut, Kiai Genggong, Bah Ulung, Pembelaan Bah Bela, Setiap Orang Sendiri, Rumah Ayah, Perempuan Hamil, Gedung Bocor, Gadis Syariah, Takdir Mukhlis, Nong Kiki, Namaku Genggong, Bulan Tenggara, Penjara, dan Konser Kematian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Cerpen Sepasang Maut karya Moh. Wan Anwar ini memiliki pesan moral berkisar kehidupan kita sehari-hari.

Nilai moral yang berkaitan dengan tanggung jawab yang terdapat dalam cerpen yaitu berkisar tentang moral seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya dan melayani masyarakat baik pemimpin dalam pemerintahan maupun pemimpin agama, kesadaran warga akan hukum, tanggung jawab dalam memperbaiki kesalahan dan dosa, tanggung jawab seorang ibu, selain itu ditemukan juga moral keikhlasan dan sikap matrealistis manusia.

Nilai moral yang berkaitan dengan hati nurani yang ditemukan dalam penelitian yaitu hati nurani seorang perempuan yang tidak tega untuk mengecewakan orang yang mencintainya, respon dari hati nurani seseorang terhadap penderitaan orang lain, hati nurani manusia yang menyadari kesalahan diri sendiri, hati nurani manusia menolak setiap kekeliruannya sendiri, rasa harga diri yang harus dibela dan rasa persaudaraan  diantara keluarga, ungkapan hati nurani seseorang yang merasa sugestif atas derita yang dialami orang lain, tersentuhnya hati nurani sepasang kekasih yang menyambut kelahiran anak hasil hubungan gelap mereka, kasih sayang orang tua terhadap anaknya, kasih sayang antara ibu terhadap anak dan suami serta siap berkorban demi mereka

Selain itu hati nurani merasa bersalah karena telah menyakiti seseorang, arti sebuah persahabatan, kesetian seorang suami pada istri dan anaknya  sehingga mencegahnya dari perbiatan selingkuh atau zina, bakti anak pada orang tuanya, dan peristiwa kematian seseorang dimana orang-orang berduka dan ikut belasungkawa terhadap si mati.

Nilai moral yang berkaitan dengan kewajiban yang ditemukan yaitu kewajiban polisi untuk mengungkap setiap kasus kejahatan, sikap mematuhi wasiat orang yang sudah meninggal, kewajiban untuk membantu orang lain sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya tanpa mengahrapkan keuntungan dari perbuatan tersebut, percaya kepada takdir  bukan berarti seseorang boleh meninggalkan kewajiban, kewajiban mencari nafkah dan memberikan kebahagiaan untuk keluarga dengan jalan kerja keras, usaha yang halal, dan tidak boleh hanya menunggu pemberian orang, yang terakhir yaitu kewajiban seorang ulama untuk menyampaikan pelajaran agama dan membantu orang lain.

Peneliti menyimpulkan bahwa aspek nilai moral dalam cerpen-cerpen karya Moh. Wan Anwar ini berdasarkan pada nilai moral yang berkaitan dengan tanggung jawab, moral yang berkaitan dengan hati nurani, dan moral yang berkaitan dengan kewajiban.

Saran peneliti dalam skripsi yang berjudul Analisis Aspek Nilai Moral yang Terdapat dalam Cerpen-cerpen Karya Moh. Wan Anwar pada kumpulan Cerpen Sepasang Maut ini adalah pertama,kepada pembaca cerpen hendaknya jangan sekedar membaca saja tetapi simaklah pesan-pesan yang terdapat di dalamnya. Kedua, aspek nilai moral yang ada hendaknya dapat dijadikann tuntunan dalam bertingkah laku. Keempat, kepada penggemar cerpen hendaknya lebih banyak membaca cerpen yang bertema kemanusiaan.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar