Kamis, 11 Oktober 2012

LAPORAN BACA SKRIPSI SASTRA Analisis Sudut Pandang pada Novel “Virgin” Karya Agung Bawantara"


Laporan Baca Skripsi Sastra

Analisis Sudut Pandang pada Novel “Virgin

Karya Agung Bawantara

1.    Identitas Skripsi

Judul                    : Analisis Sudut Pandang pada Novel “Virgin” Karya Agung Bawantara

Penulis                 : Elfida Yeni

Nim penulis         : 9911157

Pengujian             : Jumat, 97 Desember 2007

Penguji                :  1. Drs. Fadly Azhar, Dipl. M.Ed (NIP 131288606)

2.    Dra. Charlina, M.Hum. (NIP 132049028)

3.    Drs. Abdul Razak, M.Pd (NIP 131421466)

4.    Dr. Dudung Burhanudin, M.Pd (NIP 131098733)

5.    Drs. Mangatur Sinaga (NIP 131756793)

Mengetahui          : Dekan FKIP UR, Drs. Isjoni, M.Si. (NIP 131471579)

Menyetujui          : 1. Pembimbing I, Drs. Elmustian, M.A. (NIP 131962628)

2. Pembimbing II, Drs. Abdul Jalil, M.Pd (131913323)

3. Ketua Prodi, Charlina, M.Hum. (NIP 132049028)

2. Isi Laporan

Skripsi yang berjudul Analisis Sudut Pandang pada Novel “Virgin” Karya Agung Bawantara ini terdiri dari V BAB yaitu BAB I mengenai pendahuluan, BAB  II tinjauan teoritis, BAB III metodologi penelitian, BAB IV penyajian hasil penelitian, BAB V simpulan dan saran. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis untuk meneliti sudut pandang pada Novel “Virgin” karya Agung Bawantara karena sudut pandang amatlah penting sebab menyangkut masalah seleksi terhadap kejadian-kejadian cerita yang disajikan, menyangkut ke mana pembaca akan dibawa, menyangkut masalah kesadaran siapa yang dipaparkan. Selain itu novel ini langsung melejit, difilmkan dan meraih penghargaan terbaik serta langsung diterima masyarakat.

Sudut pandang yang dikaji pada skripsi ini adalah sudut pandang sebagai pengamat, sebagai serba tahu, dan sebagai peninjau. Ini juga yang menjadi pembatasan, rumusan, dan tujuan penelitiannya. Sebelum memasuki bab dua terdapat defenisi operasional.

 Sub judul defenisi operasional ini mendefenisikan bagian-bagian yang akan dibahas dalam bab berikutnya. Defenisi operasional ini dibuat agar orang yang membaca skripsi nantinya paham dan tidak bingung memahami skripsi pada saat membaca isi atau hasil penelitian skripsi ini. dengan penyajian singkat, langsung pada arti dan mudah dipahami akan memudahkan pembaca.

Peneliti menggunakan beberapa teori untuk rujukan penelitian dengan mengutip pendapat para ahli dibidangnya seperti Semi, Yunus, Tarigan, Lubbock, Sujiman, Keraf, Sumardjo, Hamidi, Saini KM, Shaw,  Abrams, dan Esten.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif, berupa tinjauan pustaka. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik analisis dokumentasi. Dan teknik analisis data peneliti adalah dengan membaca ulang teks novel Virgin dan mempelajari sudut pandang pengarang pada novel tersebut. Penelitian dilakukan lebih kurang lima bulan. Sumber data penelitian yaitu data primer adalah novel Virgin

Hasil penelitian yaitu pengarang sebagai pengamat, disini pengarang mengamati dan mengisahkan pengamatannya itu. Pengarang lebih banyak mengamati dari luar daripada terlibat dalam cerita. Pengarang dalam novel virgin cenderung mengamati persoalan yang dihadapi  para pelaku dari luar. Perasaan, pikiran, berkembang menurut visi pelaku, tanpa dicampuri pengarang.

Pengarang sebagai serba tahu berusaha melaporkan semua segi dari satu peristiwa atau satu rangkaian tindak lanjut. Pengarang berusaha untuk langsung berusaha menuju ke inti dari seluruh gerak dan kegiatan. Pandangannya menyapu seluruh ruangan. Pengarang melaporkan apa saja yang menarik perhatiannya. Pada pengarang sebagai peninjau pengarang memilih salah satu tokoh untuk bercerita tentanng pendapatnya atau perasaannya sendiri, tetapi terhadap tokoh lain dia bisa memberitahukan kepada kita apa yang dia lihat dan dia rasa. 

 

2 komentar:

  1. qm punya copyan or novel virgin ndak karya agung bawantara

    BalasHapus
  2. Blog yang menarik, mengingatkan saya Victor Hugo, kutipan: " Notre-Dame adalah juga rumah bagi Quasimodo, si Bongkok buruk rupa dengan hati emas, juga rumah bagi Claude Frollo, pastor yang alim yang berubah menjadi setan, yang mengadopsi Quasimodo yang ditelantarkan orangtuanya selagi kecil di sebuah tempat tidur di Notre-Dame".
    Saya mencoba menulis blog tentang hal ini, semoga anda juga suka blog di https://stenote-berkata.blogspot.com/2021/01/paris-di-place-de-la-bastille.html

    BalasHapus